Minggu, 18 Mei 2014

Bunga Dahlia : Manfaat dan Cara Perawatannya.


Bunga dahlia merupakan bunga yang tumbuhnya semusin atau tagunan, biasanya tumbuh dari musim panas sampai musim semi. Ternyata bunga dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang memang bunga ini berasal dari negara tersebut. Bunga ini merupakan bunga yang terlambat untuk dikembangbiakan. Manfaat bunga dahlia ini mungkin hanya manfaat secara finansial saja, yaitu merupakan ladang keuntungan untuk industri bunga potong dan tanaman pot.
Bunga dahlia merupakan bunga yang cukup menarik hati para pencinta bunga. Agar bunga dahlia ini dapat berkmbang dan tumbuh dengan baik dan indah, maka harus dirawat dengan baik pula. Berikut adalah cara merawat bunga dahlia dengan baik :
  • Penjarangan dan penyulaman
Untuk mendapatkan pertumbuhan yang seragam dapat dilakukan sampai tanaman berumur 3 minggu. Biasanya bibit tidak tumbuh sempurna jika pengairan terlambat dilakukan terutama jika udara panas. Penjarangan bunga perlu dilakukan terutama jika jumlah bunga dalam satu tangkai terlalu banyak supaya diameter bunga mencapai maksimum. Pada bunga dahlia kaktus (putih) hanya satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai, sedangkan pada bunga dahlia semi kaktus dapat 5 – 6 bunga.
  • Penyiangan
Dilakukan sesuai dengan pertumbuhan gulma dan pada saat pemupukan serta pembumbunan. Pencegahan tumbuhnya gulma dapat dilakukan dengan menghamparkan mulsa organik di antara tanaman. Ketika tanaman mencapai 1 m, tanaman dibumbun dan disangga dengan 2 batang bambu agar tidak rebah.
  • Pemupukan
Pupuk diberikan di dalam larikan sejauh 15 cm dari pangkal batang. Tutup pupuk dengan tanah.
  • Pengairan dan penyiraman
Dilakukan sesuai pertumbuhan tanaman. Di awal pertumbuhannya, tanah di sekitar pangkal batang sampai titik terluar tajuk jangan sampai mengering. Pada saat itu, jika perlu tanaman disiram 2-3 kali sehari tergantung dari keadaan cuaca. Setelah itu penyiraman dapat dilakukan setiap 5 hari. Penyiraman juga perlu dilakukan setelah pemberian pupuk.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka perlu dilakukan secara rutin, selamat menanam bunga dahlia.

http://tulipflorist.wordpress.com/2012/06/16/bunga-dahlia-manfaat-dan-cara-perawatannya/

0 komentar:

Posting Komentar